PENGALAMAN BISNIS SEJAK AWAL KULIAH


smart computer, ini brand pertama yang saya bangun saat merintis usaha pada tahun 2010 yang hanya bermodal sebuah kartu nama. Bisnis yang bergerak pada jasa perbaikan komputer ini berhasil jalan selama 5 tahun, menemani hari-hari perkuliahan saya di sela-sela sibuk berorganisasi. Alhamdulillah pada tahun 2014 setelah saya menikah ada yang ajak kerjasama untuk membuka kedai service komputer bermodal 10 jutaan, tetap membawa nama smart computer, namun hanya berjalan 1 tahun sampai akhir 2015. Bersamaan itu juga brand ini sudah saya tinggalkan, dengan mengambil beberapa pelajaran penting dalam perjalanan usaha.
Banyak faktor yang menyebabkan saya gagal mengembangkan brand smart computer, salah satunya adalah karena tidak fokus. Saat itu banyak sekali yang ingin saya kembangkan, seperti scDEZAIN, brand ini yang begerak pada jasa layanan desain grafis dan cetak online. Saya sempat menghabiskan waktu untuk membuat website cetak online yang bagus, namun karena hanya bermodal kemampuan blogger, alhasil juga gagal. Ada juga EOS, bisnis yang bergerak dalam bidang jasa event organizer, banyak sekali pikiran, waktu dan tenaga saya terkuras dalam bisnis ini, namun sampai saat ini hanya sewa sound system yang berjalan. Ingin menyeimbangi LAZADA, saya buka LAROSA, bisnis yang fokus pada jual pakaian online, namun juga belum berhasil. Sempat juga membuka mitakost.com, website layanan pencarian kost, berjalan domain dua tahun, akhirnya saya akhiri.
Saya juga membuat website mitabuku.com, jual buku online, namun tidak berhasil jalan. Satu lagi bisnis untuk melengkapi kebutuhan mahasiswa, yaitu TOSIWA, Toko Mahasiswa, dengan system cicilan 3 kali sesuai syariah, saya sudah kembangkan system dan riset, namun terkendala dengan modal, sampai saat ini juga belum jalan.
Tahun 2016, semua saya tinggalkan, saya fokus menjadi karyawan desain grafis, sambil membangun personal branding melalui blog akmalcreative.com. Saya berfikir ingin mengembangkan brand ini dalam dunia edukasi teknologi informasi, website dan graphic design. Tapi Allah juga belum menghandaki. Sampai saat ini, akun blogger saya juga dibanned oleh google, sehingga saya tidak bisa update blog lagi, dan akhirnya saya putuskan untuk tinggalkan blog tersebut.
Setelah lebih setahun menjadi karyawan, akhir 2017 saya mengundurkan diri, karena banyak faktor, antara lain, keluarga dan waktu luang. Beberapa bulan jadi pengangguran, saya manfaatkan waktu luang untuk lebih banyak belajar. Dalam waktu 2 bulan, Alhamdulillah saya berhasil kembangkan website acehprinting.com. Namun ini bukan brand yang yang ingin saya besarkan, hanya sebuah peluang usaha dalam bisnis internet marketing yang masih kosong, dan saya pikir ini menjadi peluang besar untuk bisnis online ke depan.
Alhamdulillah awal 2018 saya menemukan brand baru, yaitu aprint. InsyaAllah brand ini akan saya besarkan menjadi jasa print online no.1 di aceh khususnya. Semoga doa dan dukungan dari semuanya, usaha saya ini bisa berjalan sesuai harapan. InsyaAllah berbekal pengalaman, saya sangat berhati-hati untuk saat ini, walaupun ada beberapa tawaran kerjasama yang akhirnya saya membatalkannya. Jika sesuai dengan perencanaan, konsep dan system, sama-sama sepakat, kita jalankan. Jika tidak ada kesesuaian saya batalkan. Mencari mitra bisnis, sama seperti mencari jodoh. Buat apa bermitra jika akhirnya hanya menjadi permusuhan, buat apa berjodoh jika hanya menjadi sebuah perceraian. Sekian, salam sukses untuk semua.
------
22 Maret 2018, hari lahir istri saya 22 Maret 1990. Tidak ada kata-kata selamat ulang tahun, juga tidak ada hadiah spesial, yang ada hanya doa, semoga menjadi istri yang shaleha. Aamin ya Rabbal ‘Alamin…

Comments